Mbah Amad Berusia 103 Tahun, Sosok Veteran Saksi Peristiwa Hotel Yamato Sambangi Pemuda Tengger-Bromo.
Sumber :
  • m syahwan

Mbah Amad Berusia 103 Tahun, Sosok Veteran Saksi Peristiwa Hotel Yamato Sambangi Pemuda Tengger-Bromo

Jumat, 10 November 2023 - 11:48 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com – Momen Hari Pahlawan mengingatkan kita dengan perjuangan para pahlawan saat perobekan bendera Belanda di atas Hotel Yamato, Surabaya, 1945 silam. Peristiwa heroik dalam sejarah kemerdekaan RI ke-78 tahun berselang, ternyata ada satu pejuang kemerdekaan waktu itu, yang masih hidup sampai saat ini.

Sosok veteran tersebut adalah Mbah Amad, kini usianya mencapai 103 tahun. Ia datang ke Lereng Bromo dengan kondisi fisik yang masih lincah dan bugar.

Mbah Amad, sosok veteran yang turut andil dalam peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato 19 September 1945 di Surabaya itu mengatakan, jika momen hari pahlawan ini, para generasi muda agar senantiasa berjuang mengisi kemerdekaan yang susah payah diraihnya dulu. 

"Isilah kemerdekaan ini dengan semangat juang dan hal yang bermanfaat serta berguna bagi semua," katanya, Jumat (10/11).

Salah satu cara mengisi kemerdekaan adalah dengan berpegang teguh pada aturan pemerintah dan menghormati orang tua. 

"Jangan belok kanan kiri, ikuti aturan dan terapkan pancasila. Karena perbuatan tersebut dasar membentuk generasi muda yang berkarakter di tengah krisis moral saat ini," imbuhnya.

Hebohnya, tanpa memakai jaket, Mbah Amad asyik bercengkrama di luar ruangan, di bawah kaki Bukit Ringgit. Dimana suhu udara saat itu, sekitar 19 derajat celcius.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
03:18
13:32
06:34
05:09
01:34
Viral