Sungai Pelayaran Sidoarjo.
Sumber :
  • khumaidi

Seru, Wisata Sungai Pelayaran di Sidoarjo Jadi Edukasi Ekosistem Air

Senin, 13 November 2023 - 12:57 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Sungai Pelayaran yang terletak di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo memiliki potensi wisata yang layak untuk dikembangkan. Tidak seperti sungai pada umumnya, air sungai di sini berwarna hijau bening dan bersih. Nyaris tak ada sampah yang terlihat.

Hal tersebut tak luput dari kekompakan antara warga dan pemerintah desa setempat. Helmi Firmansyah, Kepala Desa Penambangan menjelaskan, tidak semua desa atau kecamatan memiliki aliran sungai sebagus dan sebersih sungai pelayaran ini.

"Maka dari itu, perlu adanya edukasi tentang ekosistem air sungai kepada warga Penambangan agar bisa menjaga kebersihan sungai, terutama soal membuang sampah," ucap Helmi.

Saking bersihnya, hampir setiap hari anak-anak mandi di sungai beramai-ramai. Di sepanjang sungai juga terdapat lampion warna-warni yang menambah indah pemandangan. Sepadan sungai juga dicat penuh warna. Di sungai tersebut, nantinya akan ada wisata naik perahu.

"Wisata kita ini yang utama bukan naik perahu ataupun fasilitas lainya, tapi kita akan menunjukkan edukasi kepada masyarakat tentang ekosistem sungai," jelasnya.

Helmi melanjutkan, sungai bersih atau tidak tergantung dari kesadaran masyarakat. Masyarakat sadar tidak membuang sampah di sungai dan menjaga kebersihan.

"Misalnya tumbuhan yang mengganggu harus kita singkirkan, kebersihan sungai juga harus dijaga," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral