Harga Cabai di Kota Batu Tembus 75 Ribu per Kilogram.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Harga Cabai di Kota Batu Tembus 75 Ribu per Kilogram, Ini Kata Pedagang

Selasa, 14 November 2023 - 10:21 WIB

Batu, tvOnenews.com - Harga cabai di pasaran makin pedas belakangan ini. Terutama untuk harga cabai rawit dan cabai besar. Kenaikannya cukup menyengat masyarakat. Kenaikan itu disebabkan karena minimnya pasokan dari petani akibat faktor cuaca yang tidak menentu. 

Pedagang di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Musyarofah menyatakan, saat ini harga cabai kecil sudah tembus Rp75 ribu per kilogram. Dari harga awal Rp30-35 ribu. Sedangkan untuk cabai besar, harganya juga tembus Rp75 ribu per kilogram dari harga normal Rp40 ribu per kilogram.

"Situasi seperti ini sudah dirasakan selama dua bulan terakhir. Dari harga normal, berangsur-angsur naik hingga tembus seperti saat ini," tutur Musyarofah, Senin (13/11).

Berdasarkan informasi dari petani yang diperolehnya, Musyarofah mengungkapkan, kenaikan harga cabai ini dipengaruhi karena faktor cuaca. Akhirnya membuat pasokan dari petani berkurang dan tak sebanding dengan kebutuhan masyarakat.

"Pasokan cabai berkurang dan tak bisa memenuhi jumlah permintaan. Akhirnya berdampak pada kenaikan harga," tuturnya.

Senada, pedagang lainnya, Wiwik Isfani juga mengungkapkan hal yang sama dengan Musyarofah. Kenaikan harga cabai dipengaruhi karena cuaca yang tidak memungkinkan. Sebab saat ini tengah memasuki peralihan musim. Dari musim kemarau ke musim penghujan.

Wiwik menyampaikan, untuk saat ini harga cabai rawit masih fluktuatif. Menyusul kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Karena saat ini tengah memasuki puncak musim penghujan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral