Budidaya Melon di Green House.
Sumber :
  • tvOne - dewi rina

Budidaya Melon di Green House Untungnya Double, Berikut Caranya…

Rabu, 15 November 2023 - 14:19 WIB

Bojonegoro, tvOnenews.com – Berawal coba-coba, seorang petani bernama Wiknyo Sumarko (61), asal Desa Somodikaran RT 004 RW 002, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sukses melakukan pembudidayaan buah melon di dalam green house.

Buah dengan nama asing cucumis melo ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua, sehingga permintaan komoditas ini di pasaran masih cukup tinggi. Namun, untuk menekuni budidaya melon ini dapat dibilang susah-susah gampang. Akan tetapi jika tahu cara untuk menjalankan budidaya melon ini, akan dapat dilakukan dengan mudah.

Salah satunya adalah dengan cara budidaya tanaman melon di dalam greenhouse. Greenhouse atau rumah kaca adalah struktur bangunan tertutup yang dirancang untuk membantu pertumbuhan tanaman dengan menciptakan lingkungan yang terkendali.

Fungsi utama dari greenhouse adalah mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dengan mengatur suhu, kelembapan, pencahayaan, dan sirkulasi udara di dalamnya. Selain itu, greenhouse juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap cuaca ekstrem, pengendalian hama dan penyakit, perpanjangan musim tanam, dan peningkatan produktivitas serta kualitas tanaman.

Budidaya tanaman di greenhouse telah membuka peluang bagi para petani untuk meningkatkan hasil panen dan menghasilkan tanaman berkualitas tinggi sepanjang tahun.

Terlebih lagi jika budidaya melon tersebut dikemas menjadi wisata petik buah secara langsung saat musim panen, sehingga warga yang ingin menikmati wisata petik buah melon bisa datang langsung ke kebun. Nantinya, warga yang datang bisa memetik buah sendiri, baru kemudian buah yang dipetik tersebut ditimbang dan dihitung harganya.

Terbukti Wiknyo, baru pertama kali mencoba budidaya tanaman melon dalam greenhouse dan kini hasilnya telah mulai ia rasakan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral