Evakuasi Wisatawan Alami Cedera Kaki dari Dasar Air Terjun Kapas Biru.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Evakuasi Wisatawan Alami Cedera Kaki dari Dasar Air Terjun Kapas Biru Berlangsung Dramatis

Rabu, 15 November 2023 - 15:22 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Seorang wisatawan dilaporkan mengalami cedera kaki di dasar Air Terjun Kapas Biru, Desa Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur pada Senin (13/11) siang kemarin.

Korban yang diketahui bernama Gesang (19), pengunjung asal Kabupaten Tulungagung ini tiba-tiba mengalami cedera kaki, saat beberapa meter meninggalkan dasar air terjun. Korban mengalami kesulitan untuk berjalan, akibat salah satu kakinya keseleo, sehingga harus segera dievakuasi.

“Sebelumnya Pusdalops BPBD Lumajang memperoleh informasi dan permintaan untuk segera melakukan evakuasi terhadap korban, sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, korban bersama 4 rekan lainnya sedang berada di dasar air terjun dan pada saat perjalanan pulang, salah satunya mengalami cedera kaki,” kata Yudi Cahyono, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang, Selasa (14/11).

Usai menerima laporan, Pusdalops BPBD Lumajang langsung menurunkan 1 regu siaga, untuk segera mendatangi lokasi kejadian dan segera mengevakuasi korban, yang sudah diketahui titik koordinatnya.

Perlu diketahui, medan di lokasi wisata Air Terjun Kapas Biru ini cukup ekstrim, sebab lokasi dasar air terjung berada 100 meter dari lokasi parkir, sehingga sangat membutuhkan waktu dan tenaga yang juga ekstra.

“Sekitar  15.00 WIB, TRC BPBD Kabupaten Lumajang dibantu seluruh unsur yang terlibat melakukan proses evakuasi saudara Gesang yang cedera tersebut dengan diangkut menggunakan strecher menuju ke pintu masuk atas  secara bergantian mengingat medan yang cukup terjal dan kondisi fisiknya (korban) cukup besar,” jelasnya.

Selanjutnya, sekitar pukul 17.00 WIB, korban berhasil dievakuasi naik menuju pintu masuk dan segera mendapatkan tindakan medis lanjutan oleh petugas Puskesmas Pronojiwo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral