Kementan akan Perluas Lahan Tebu dan Bangun Pabrik Baru.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Genjot Produksi Gula Nasional, Kementan akan Perluas Lahan Tebu dan Bangun Pabrik Baru

Selasa, 21 November 2023 - 16:29 WIB

Blitar, tvOnenews.com - Untuk menggenjot produksi gula nasional, Kementerian Pertanian akan memperluas lahan tebu dan kembali membangun Pabrik Gula (PG) di Jawa Timur. Selain itu Kementerian Pertanian juga akan melakukan revitalisasi pabrik gula untuk meningkatkan produksi gula demi mendukung program pemerintah dalam kemandirian pangan gula nasional. 

"Bahwa pembangunan pabrik-pabrik akan segera kita laksanakan jadi jangan sampai ketinggalan, kita akan lakukan revitalisasi plus pembangunan pabrik baru, kita berharap sekali bisa terealisasi dengan cepat," kata Wakil Menteri Pertanian Harviq Hasnul Qolbi, Selasa (21/11). 

Dalam kunjungan kerjanya Wamentan didampingi oleh dirjen melakukan penanaman tebu secara simbolis di lahan sawah milik petani Desa Gaprang. Wamentan menyebut akan memanfaatkan lahan produktif untuk menambah panen tebu. 

"Sesuai arahan Presiden kami akan memanfaatkan lahan-lahan produktif seperti saat ini di Kabupaten Blitar untuk meningkatkan komoditas tebu, sehingga swasembada gula di tahun seterusnya bisa terwujud," Imbuhnya. 

Pemerintah berkomitmen penuh dalam mewujudkan ketersediaan dan keterjangkauan pangan nasional diantaranya memastikan ketersediaan stok gula. Dengan melakukan pemetaan lahan diharapkan akan dapat menghasilkan tebu terbaik. 

"Kita akan melakukan parcial ya artinya segmented tentunya kita akan zonasi mana lahan yang terbaik akan kita tingkatkan agar lahan tersebut menghasilkan yang terbaik," katanya. 

Saat ini kebutuhan gula nasional mencapai 3,4 juta ton per tahunnya, sementara saat ini hasil produksi pabrik hanya bisa menghasilkan 2,4 juta ton. (min/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral