Panderman Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Panderman Terbakar, Jalur Pendakian Gunung Panderman dan Buthak Ditutup

Rabu, 22 November 2023 - 21:23 WIB

Kota Batu, tvOnenews.com - Jalur pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak, ditutup untuk sementara waktu. Hal ini menyusul adanya kebakaran hutan di lereng Gunung Panderman yang terjadi pada Selasa (21/11) kemarin. 

"Untuk posko pendakian kita tutup. Kita sudah mengeluarkan surat edaran penutupan itu. Jadi waktu kebakaran, pendaki di panderman sudah tidak ada," ungkap Kamuliono, Kepala Resort KPH Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Rabu (22/11).  

Kamuliono menuturkan, kebakaran yang terjadi berjarak kurang lebih 3 kilometer dari jalur pendakian. Tepatnya berada di sisi selatan, petak 227 RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Oro-oro Ombo. 

"Jarak antara titik kebakaran dengan jalur pendakian itu masih sekitar 3 kilometer. Titik api berada di baliknya gunung sisi selatan," katanya. 

Meskipun yang terbakar bukan di kawasan jalur pendakian, namun penutupan ini dilakukan untuk meminimalisir dampak yang tidak diinginkan. 

"Penutupan juga dilakukan untuk keamanan para pendaki. Jadi kami tutup seluruh area pendakian, baik Gunung Panderman maupun Gunung Buthak," bebernya. 

Penutupan itu, lanjut Kamuliono, dilakukan hingga batas waktu yang belum dapat dipastikan. Tentunya, hingga kondisi di Gunung Panderman benar-benar aman. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
Viral