Warga binaan sedang berbelanja di koperasi tanpa uang tunai.
Sumber :
  • umar sanusi

Lapas Jombang Segera Bebas dari Peredaran Uang Tunai

Sabtu, 25 November 2023 - 09:48 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang, kini memiliki tempat-tempat pelayanan yang memudahkan masyarakat yang berkunjung ke lapas. Karena telah disediakan Ruang Pelayanan Terpadu, Media Center, Pojok Sinergitas, Pojok Sehat, dan Sistem Belanja Cashless.

Sistem belanja Cashless merupakan inovasi baru yang cukup menarik. Terlebih sempat dipraktikkan warga binaan yang sedang berbelanja tanpa uang tunai, karena cashless memang belanja tanpa menggunakan uang tunai.

Bekerjasama dengan salah satu bank, setiap warga binaan akan memiliki kartu yang bisa diisi uang oleh keluarganya dari luar lapas.   

"Kita punya program bebas dari uang tunai. Nah salah satu mengimplementasikan bebas dari uang tunai adalah transaksi di lapas itu menggunakan kartu.  Sehingga warga binaan tidak memiliki uang tunai tapi memiliki kartu.

“Keluarga bisa mengirimkan uang ke kartu itu dengan batasan tertentu. Warga binaan bisa berbelanja dengan kartu itu di koperasi yang disediakan lapas," tutur Heni Yuwono, Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur di Lapas kelas IIB Jombang.

Program tersebut merupakan program yang akan terus dilaksanakan di seluruh lapas di seluruh Indonesia sehingga tidak ada transaksi menggunakan uang tunai di dalam lapas.  

Heni Yuwono mengaku, dari data yang dimiliki hampir semua lapas di seluruh Jawa Timur telah memulai program cashless tersebut. Namun belum seluruhnya berjalan optimal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral