Pertemuan bilateral BNN dengan Philipina.
Sumber :
  • alfani syukri

Badan Narkotika Nasional Awasi Peredaran Narkoba Lintas Negara dengan Philipina

Sabtu, 25 November 2023 - 10:41 WIB

Badung, tvOnenews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar pertemuan bilateral dengan Philipina untuk memperkuat kerjasama pemberantasan narkotika lintas negara, pada Jumat (24/11). Pertemuan yang digelar di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung itu membahas pengawasan peredaran narkoba yang masuk ke dua negara itu. 

Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN RI Irjen Pol Agus Irianto mengatakan, pertemuan bilateral ini dilakukan sebagai komitmen BNN RI dengan Philippines Drugs Enforcement Agency (PDEA) dalam mengatasi permasalahan narkotika baik di Indonesia maupun Filipina. BNN RI dan PDEA sepakat melakukan peningkatan kerja sama dalam menemukan solusi yang komprehensif mengatasi permasalahan narkotika di kedua negara.

Peningkatan kerjasama dilakukan BNN RI dan PDEA khususnya dalam penegakan hokum, guna memberantas sindikat peredaran gelap narkotika. Dua hal penting yang menjadi sorotan dalam peningkatan kerja sama ini yaitu berkaitan dengan sharing data intelijen dan pengawasan perbatasan

Selain itu, keduanya juga sepakat untuk melakukan kerja sama bilateral mencakup peningkatan kapasitas melalui berbagi best practice, keahlian teknis, serta pendekatan inovatif.

Menurut Irjen Agus, pertemuan bilateral ini diharapkan dapat menjadi platform dalam memperkuat komitmen antara BNN RI dan PDEA, berbagi gagasan inovatif, dan menyusun rencana aksi yang nyata untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan keamanan dan kesejahteraan kawasan ASEAN, khususnya kedua negara.

"Kegiatan pagi ini adalah pertemuan keempat bilateral meeting antara Indonesia dan Philipina. Dalam kegiatan ini biasanya membahas isu-isu yang dihadapi Indonesia dan Philipina. Kita sedang membuat format kerja sama ke depan. Melalui pertemuan ini kita membahas permasalahan yang terjadi di Philipina dan di Indonesia. Selain itu membahas kondisi perbatasan," bebernya.

Dikatakannya, masalah narkoba di Philipina dan Indonesia hampir sama tetapi berbeda. Aparat Philipina juga menangkap ribuan kilogram ganja juga. Kerja sama ini merupakan upaya dari kedua negara dalam pemberantasan narkoba yang lebih komprehensif. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:28
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
Viral