Minibus Terjebak Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Minibus Terjebak Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru, Empat Penumpang Selamat

Selasa, 28 November 2023 - 11:41 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Hujan lebat yang terjadi di hulu sungai, mengakibatkan banjir lahar hujan Gunung Semeru menerjang aliran Sungai Besuk Sat di Desa Pasrujambe, Lumajang. Akibat terjangan banjir lahar yang datang secara tiba-tiba ini, sebuah mobil minibus jenis Ayla dengan nomor polisi S 1142 SR, yang dikemudian oleh Nur Kholik (52), warga Kecamatan Magersari Kota Mojokerto, terjebak di tengah aliran sungai yang sangat deras. Beruntung, sopir dan 3 penumpang lainnya berhasil menyelamatkan diri. 

"Saya tidak pernah lewat jalur ini. Saya cuma nyupiri saja. Tadi habis ngantar teman ke Pasrujambe dan rencananya mau ke Penanggal, jadi harus lewat jalur ini karena lebih cepat," kata Nur Kholik kepada tvOnenews.com di lokasi. 

Menurut Kholik, saat melintas awalnya kondisi arus sungai tidak begitu deras. Bahkan, di lokasi kejadian hujan sudah reda. Namun sesampainya di tengah sungai, tiba-tiba aliran lahar datang dan mobil langsung mati mesin. 

"Lewatnya sekitar jam 8 malam. Kondisi memang gelap dan awalnya arus tidak deras. Namun sesampainya di tengah sungai, tiba-tiba banjir datang dan mobil mati mesin," imbuhnya. 

Di tengah kepanikan dan gelapnya malam, akhirnya semua penumpang langsung turun dan lari ke seberang sungai. Sementara kendaraan terjebak aliran lahar dan nyaris jatuh dari atas jembatan limpas. 

Sejumlah warga dan relawan yang mengetahui ada kendaraan terjebak di tengah sungai, langsung berusaha memberikan pertolongan dan mengevakuasi kendaraan. 

Namun akibat arus lahar terlalu deras, warga kesulitan mengevakuasi kendaraan. Kendaraan berhasil dievakuasi 2 jam kemudian setelah puluhan warga dan relawan beramai-ramai menariknya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral