Sidak harga bahan pokok di Pasar Gresik.
Sumber :
  • m habib

Disidak Menteri Perdagangan, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Gresik Langsung Turun

Selasa, 28 November 2023 - 18:14 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan mengumumkan bahwa harga sejumlah bahan pokok di Pasar Baru Gresik hari ini mengalami penurunan, meskipun kemarin masih sempat mengalami kenaikan. Selain itu, pihaknya memastikan bahwa harga bahan pokok juga stabil ketika natal dan tahun baru (nataru) nanti.

"Mudah-mudahan Nataru ini semua bisa turun kembali. Kenapa harga bisa bagus? Kuncinya, prinsipnya kerja sama, ini ada Pak Bupati dan stakeholder terkait untuk ngecek harga," kata Zulkifli, Selasa (28/11). 

Zulkifli lalu menegaskan bahwa kerja sama antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan pedagang pasar menjadi kunci utama dalam menjaga stabilitas harga. Termasuk pihaknya menyebut jika pasokan yang menyuplai bahan sembako yang cukup, juga menjadi faktor penentu dalam penurunan harga. 

"Pasokannya tadi banyak. Maka harganya turun. Kalau pasokannya kurang, otomatis harganya naik. Yang dikeluhkan pedagang tadi cabai. Tapi ini sudah turun, dari Rp100 sekarang sudah Rp60 ribu. Yang cabai rawit dari harga Rp100 ribu sekarang turun menjadi Rp70 ribu," imbuhnya. 

Saat kunjungan Mendag RI di Pasar Baru Gresik, sebagian besar harga bahan pokok sembako cukup stabil. Harga ayam berkisar di angka Rp33-35 ribu, Rp26ribu untuk harga telur, harga bawang merah di angka Rp23-25 ribu, dan Rp33 ribu untuk bawang putih. 

"Mudah-mudahan Nataru nanti tidak ada gejolak," tutupnya. (mhb/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral