BMKG beri himbauan waspada cuaca ekstrim.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

BMKG Beri Himbauan Waspad Cuaca Ekstrim Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat disertai Petir dan Angin Kencang

Senin, 4 Desember 2023 - 12:06 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda memberikan warning peningkatan kewaspadaan masyarakat terhadap cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa wilayah di Jawa Timur. Peningkatan kewaspadaan ini agar masyarakat selalu waspada akan dampak cuaca yang terjadi berubah dengan cepat.

Hal ini disampikan oleh M Taufiq Hermawan Kepala BMKG Juanda. Menurutnya beberapa wilayah sudah mulai memasuki musim hujan. Di awal musim hujan ini biasanya dibarengi dengan fenomena hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, disertai angin kencang dan petir. BMKG juga memberikan tiga harian peringatan dini dari tanggal 3 sampai tanggal 5 Desember 2023.

"Ya mas untuk tanggal 3 sampai 5 Des diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir, untuk suhu udara 15 - 34 °C kelembapan udara : 60 - 100 %, untuk angin dominan dari Tenggara - Selatan dengan kecepatan 05 - 30 km/jam,” ucapnya.

Taufiq menambahkan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari terjadi di wilayah Gresik, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Ngawi, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Kab. Probolinggo, Jember, Bondowoso, Sampang dan Sumenep.

Sedangkan pada siang-sore hari terjadi di wilayah Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. 

“Sedangkan untuk malam hari terjadi di wilayah Tuban dan Sumenep. Pada dini hari, di wilayah Ponorogo dan Pacitan," pungkasnya. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral