KPU Gresik akan Libatkan Aparat Keamanan saat Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah Rawan Bencana.
Sumber :
  • tvOne - m habib

KPU Gresik akan Libatkan Aparat Keamanan saat Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah Rawan Bencana

Senin, 4 Desember 2023 - 15:05 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Jelang pelaksanaan pemilu serentak 2024, sejumlah persiapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik terus bergulir. Saat ini lembaga penyelenggara pemilu tersebut tengah fokus pada pengelolaan logistik pemilu, sebelum nantinya akan diproses untuk didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS).

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Gresik, Akhmad Roni. Roni mengatakan jika saat ini proses penerimaan logistik untuk kebutuhan pemilu 2024 dibagi menjadi dua tahapan.

“Untuk tahap pertama seluruh item logistik dikirim dari KPU pusat. Mulai dari kotak suara, bilik suara, hingga alat kelengkapan bagi para petugas di lapangan. Seluruh logistik yang tidak berkaitan dengan daftar calon tetap (DCT) untuk Pileg, maupun daftar pasangan calon (DPC) untuk pilpres,” kata Roni.

Lebih jauh Roni menambahkan, sebelum distribusikan ke masing-masing TPS, logistik akan disimpan di gudang penyimpanan milik KPU Gresik. Sambil menunggu proses penerimaan logistik tahap II yang berkaitan para peserta pemilu.

Adapun logistik tahap II itu antara lain kertas surat suara, formulir rekapitulasi, hingga alat bantu khusus bagi pemilih tuna netra.

“Nanti bila seluruhnya sudah lengkap, akan segera didistribusikan ke seluruh TPS. Kami jadwalkan pada pertengahan Januari 2024 mendatang,” jelasnya.

Akhmad Roni melanjutkan, jika proses distribusi logistik ke TPS menjadi tantangan tersendiri. Ini karena ada 3.667 lokasi TPS tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Total kebutuhan kotak suara yang disiapkan saat ini mencapai 18.401 buah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:21
10:37
01:40
08:51
13:42
07:20
Viral