Lapas Banyuwangi kembangkan pelatihan budidaya jamur tiram.
Sumber :
  • tvOne -happy oktavia

Bekali Warga Binaan, Lapas Banyuwangi Kembangkan Budidaya Jamur Tiram

Senin, 4 Desember 2023 - 16:15 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Banyuwangi kembali menambah keahlian warga binaan. Kali ini, mereka dibekali cara budidaya jamur tiram. Selain menambah penghasilan, jamur tiram bisa dijadikan tambahan pangan.

Menggunakan lahan yang ada, warga binaan diajari membuat media tanam hingga perawatan. Jenis jamur tiram sengaja dipilih karena pasarnya terbuka lebar. 

“Budidaya jamur tiram ini masih tahap permulaan. Serbuk kayu untuk media tanamnya juga masih 1000 baglog,” kata Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono, Senin (4/12).

Penanaman jamur tiram ini akan terus didampingi. Jika hasilnya positif, pihaknya akan menambah jumlah baglog. Pun dengan lahan yang digunakan. Pelatihan budidaya jamur ini didampingi distributor jamur tiram. Selain pembuatan baglog, warga binaan diajari memelihara hingga memanen jamur dan mengemasnya sebelum dijual ke pasar.

Pihaknya memilih pelatihan budidaya jamur lantaran prosesnya mudah. Lalu, tak membutuhkan lahan yang luas. Sehingga, bisa memanfaatkan sisa lahan di Lapas. Warga binaan secara bergiliran menyiram tanaman jamur untuk menjaga kelembaban. Apalagi, hujan di Banyuwangi terbilang masih rendah. 

“Ini menjadi kegiatan baru bagi warga binaan, sekaligus memberikan keterampilan,” tegas Agus.

Sebelumnya, sejumlah pelatihan keterampilan diberikan warga binaan Lapas Banyuwangi. Salah satunya, membatik. Batik tulis karya warga binaan Lapas Banyuwangi sukses menembus pasar, pesanan terus mengalir. Menggunakan motif lokal Gajah Oling, Lapas Banyuwangi mengembangkannya dengan motif tambahan. Namanya, batik Gajah Oling Jeruji.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral