Status Siaga Bencana Hidrometeorologi.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Tetapkan Status Siaga Bencana Hidrometeorologi, Bupati Madiun : Semua Tenaga Kami Siap

Rabu, 6 Desember 2023 - 13:47 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Memasuki musim penghujan dan seringnya terjadi bencana putting beliung di sejumlah wilayah di Kabupaten Madiun sejak dua pekan terakhir, membuat PJ Bupati Madiun Tontro Pahlawanto menetapkan status siaga bencana Hidrometeorologi selama 3 bulan kedepan. 

Status siaga ini dilakukan dengan menggelar apel siaga di GOR Pangeran Timur, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Rabu (6/12). Apel siaga ini dipimpin langsung oleh PJ Bupati beserta Tni-Polri, BPBD, Satpol-PP, Tagana hingga Dinas Kesehatan setempat. 

“Kesiapan kami bersama instansi TNI-Polri dan stakeholder lainnya, tentunya selalu siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana Hidrometeorologi,” kata Tontro. 

Koordinasi lintas sektor melalui BPBD serta sinergitas berkelanjutan menurut Tontro selama ini terus dilakukan hingga tingkat paling bawah, mulai tingkat desa dan RT. Sehingga bencana alam apapun seperti longsor, putting beliung, hingga banjir bisa terdeteksi sejak awal dan bisa segera teratasi. 

“Semua tenaga kami siap. Posko terintegrasi di BPBD Kabupaten Madiun karena semua informasi ada disana. Ditambah keberadaan relawan yang tersebar di seluruh kecamatan, akan melaporkan apabila terjadi bencana di wilayah setempat,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Madiun, Boby Saktia Putra Lubis menambahkan, dari Pusdalops sudah melakukan mitigasi pemetaan bencana dan hasilnya masih sama, tidak ada perubahan signifikan penambahan titik-titik rawan bencana lain, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

“Hasil mitigasi kami, titik-titik bencana yang terjadi hampir sama ya dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun kami tetap memantau, apabila ada lokasi yang di luar prediksi yang berpotensi terjadi bencana alam,” ujar Bobby.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral