pemukiman warga di Gresik Selatan kebanjiran.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Kali Lamong Meluap, Pemukiman Warga di Gresik Selatan mulai Kebanjiran

Jumat, 8 Desember 2023 - 14:46 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Banjir luapan sungai Kali Lamong, mulai menggenangi pemukiman warga di wilayah Gresik Selatan. Bencana banjir tahunan ini terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir, di wilayah Kabupaten Gresik dan Mojokerto, hingga membuat debit sungai Kali Lamong mulai meningkat dan meluap, Jumat (8/12).

Adapun wilayah pemukiman warga Gresik yang mulai terendam banjir luapan Kali Lamong yakni wilayah Kecamatan Balongpanggang. Genangan banjir dilaporkan mencapai ketinggian 10 hingga 60 centimeter di  Desa Wotansari, Balongpanggang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Wotansari Haryono, yang mengatakan jika air banjir mulai merendam dan masuk ke dalam pemukiman warga di desanya sejak pukul 02.00 WIB dini hari. 

"Untuk air banjir kadang surutnya cepat, kadang lambat. Lihat kedatangan airnya," jelasnya kepada awak media.

Masih menurut Kades Haryono, bencana banjir luapan Kali Lamong ini telah merendam sejumlah rumah warga. Tingginya debit air yang datang membuat genangan banjir semakin cepat meluas.

"Jalan poros desa sepanjang 500 meter, jalan lingkungan sepanjang 1.430 meter, serta sekitar 270 rumah warga yang tergenang," tambahnya.

Tidak hanya menggenangi pemukiman warga, banjir luapan Kali Lamong juga merendam area pertanian warga setempat. Puluhan hektar lahan sawah terdampak oleh luapan air Kali Lamong.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:03
01:19
10:33
08:48
02:40
03:11
Viral