Luapan Sungai Kali Lamong.
Sumber :
  • m habib

Kini Giliran Puluhan Rumah Warga di Desa Dapet Gresik Kebanjiran Luapan Kali Lamong

Sabtu, 9 Desember 2023 - 14:41 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Setidaknya terdapat puluhan rumah warga di Desa Dapet, Balongpanggang, Kabupaten Gresik, mulai terendam genangan banjir akibat kembali meluapnya Kali Lamong, yang tidak mampu lagi menampung debit air karena tingginya intensitas curah hujan.

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun, terjangan air banjir luapan Sungai Kali Lamong tersebut mulai masuk ke kawasan permukiman warga hingga area lahan pertanian sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Bencana banjir tahunan bagi warga yang tinggal di Gresik bagian selatan tersebut, kali ini telah merendam tiga dusun yang berada di Desa Dapet, Balongpanggang. Yang terendam banjir yakni Dusun Kedungdowo, Dusun Sugihwaras dan Dusun Dapet.

"Banjir pertama kali masuk ke Dusun Kedungdowo sekitar pukul 01.00 dini hari," kata Kepala Dusun Kedungdowo, Paryono pada awak media, Sabtu (9/12).

Dijelaskan oleh Kasun Paryono, luapan banjir Kali Lamong telah menggenangi sekitar 40 rumah warga yang berada di bibir bantaran Sungai Kali Lamong. Termasuk puluhan hektare lahan persawahan dan jalan lingkungan pedesaan.

"Untuk ketinggian air bervariasi, paling parah 60-70 sentimeter. Khususnya yang ada di bantaran sungai kami minta untuk waspada," imbaunya.

Paryono lalu menambahkan, untuk mengantisipasi keselamatan warga, sudah ada pos swadaya di masing-masing RT (rukun tetangga).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral