Wisuda sekolah lansia di Banyuwangi..
Sumber :
  • happy oktavia

Serunya Wisuda Lansia Tangguh di Banyuwangi Usai Sekolah Enam Bulan

Rabu, 13 Desember 2023 - 09:49 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Sekolah lansia tangguh (Selantang) di Banyuwangi berakhir. Sejumlah warga lanjut usia yang mengikuti program ini diwisuda secara massal, Selasa (12/12). Mereka disahkan layaknya sarjana setelah menempuh pendidikan selama enam bulan. 

Wisuda Selantang dilakukan di sejumlah kantor desa. Salah satunya Desa Parijatah Wetan, Kecamatan Srono. Sekitar 30 lansia ikut menjalani proses wisuda di tempat tersebut. Mereka menggunakan seragam toga seperti sarjana. Pun dengan petugas yang melakukan wisuda, mirip kegiatan di perguruan tinggi. 

Selantang merupakan program dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Banyuwangi. Program ini adalah pendidikan non formal di Bina Keluarga Balita (BKL). Sasarannya adalah para orang tua dengan kategori pra lansia, mulai umur 45-59 tahun dan lansia di atas 60 tahun. 

“Ada 26 kelompok Selantang di Banyuwangi, tersebar di 217 desa dan kelurahan," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Banyuwangi, Luqman Al-Hakim.

Dalam sekolah ini, masing-masing beranggotakan 30 orang lansia. Mereka mulai menjalani sekolah lansia tangguh ini sejak enam bulan lalu. Program ini akan berlanjut di tahun 2024. Targetnya, program ini membawa misi mewujudkan lansia Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif (SMART). 

"Tujuannya mewujudkan lansia tangguh dan mandiri," tegasnya. 

Selama sekolah, modul yang diberikan mengacu pada materi 7 Dimensi Lansia Tangguh. Diantaranya, spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial, profesional vokasional dan lingkungan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral