Menhub mengecek kondisi kapal yang beroperasi di pelayaran Selat Bali..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Rawan Antre saat Nataru, Ini Skenario Kemenhub Urai Kendaraan di Ketapang - Gilimanuk

Minggu, 17 Desember 2023 - 11:58 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com -  Bersinggungan dengan Bali, Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi mendapat atensi khusus selama libur Natal dan tahun baru (Nataru). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan rute penyeberangan Ketapang - Gilimanuk, Bali ini masuk rawan kepadatan kendaraan. Salah satu indikasinya, rute ini menjadi favorit wisatawan untuk berlibur. 

Rute Ketapang ini masuk dari tiga titik rawan terpadat nasional selama libur Nataru. Diantaranya, Tol Cipali dan Pelabuhan Merak. 

"Kita memang mengidentifikasi ada tiga titik yang krusial. Yaitu Merak, Cipali dan Ketapang," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi disela mengecek Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (16/12). 

Mengantisipasi kepadatan saat Nataru, Menhub meminta fasilitas penyeberangan dimaksimalkan. Misalnya, penambahan dermaga Movable Bridge (MB) IV di Pelabuhan Gilimanuk. Dermaga itu sudah beroperasi selama Nataru. Kelebihannya, dermaga ini mampu disandari kapal berukuran jumbo. 

Skenario lainnya, sebanyak 5 kapal tambahan akan diperbantukan di lintasan Jawa - Bali ini. Seluruhnya memiliki daya angkut di atas kapal umum. 

"Kabar gembiranya ada tambahan lima kapal yang relatif besar, sehingga daya tampung yang akan menyebrang ke Bali akan bertambah dan terakomodasi dengan baik," ujarnya. 

Selama libur Nataru, jalur Ketapang - Lembar, Lombok diliburkan. Lalu, dialihkan melalui Pelabuhan Jangkar, Situbondo. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral