stok darah, jelang nataru menurun.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Jelang Nataru, Stok Darah Menurun, Ini Penyebabnya

Rabu, 20 Desember 2023 - 11:16 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Masa libur natal dan tahun baru berimbas pada pemenuhan stok darah di PMI Kabupaten Sidoarjo. Jumlah pendonor darah menurun drastis karena banyak instansi negeri maupun swasta yang telah libur. Pihak PMI Kabupaten Sidoarjo mengajak agar pemenuhan kebutuhan darah bisa mencukupi, pemanfaatan donor darah di UTD maupun di bus donor darah Polantas Taman Pinang bisa digenjot pemenuhan darahnya dari masyarakat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Yusak, pengurus PMI Kabupaten Sidoarjo Bidang Pelayanan Darah. 

"Stok darah PMI Kabupaten Sidoarjo berada di angka 840 kantong darah untuk w-b whole blood dan juga p-r-c package red cell. Jumlah ini sejatinya ideal, namun di situasi jelang Natal dan Tahun Baru, stok perolehan darah harusnya ditambah minimal seribu kantong darah, agar pemenuhan darah bisa mencukupi," ucap Yusak.

Yusak juga menambahkan penurunan perolehan donor darah menurun dikarenakan masa libur panjang Natal dan Tahun Baru di instansi negeri maupun swasta. Maka agar di situasi Natal dan Tahun baru ini, pemenuhan darah bisa mencukupi, dari PMI mengajak pemanfaatan donor darah baik di UTD PMI maupun di bus donor darah yang saat ini pindah di Polantas Taman Pinang bisa dimanfaatkan warga yang akan mendonorkan darahnya. 
 
Sementara itu, pihak PMI menargetkan donor darah bisa mencapai 150 kantong darah dari para pendonor tiap harinya. Dimana dengan rata-rata tiap bulannya kebutuhan darah ada sekitar 4 ribu kantong. Hal tersebut dapat dipenuhi dan tidak ada kekurangan stok darah.
 
Hingga kini, total persediaan darah di PMI Kabupaten Sidoarjo, untuk whole blood ada sebanyak 240 kantong, prc package red cell ada 605 kantong, trombosite ada sebanyak 127 kantong serta ffp fresh frozen plasma ada sebanyak 457 kantong. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral