Helikopter Basarnas Dikerahkan Dukung Siaga SAR Khusus Nataru Wilayah Jawa Timur.
Sumber :
  • khumaidi

Helikopter Basarnas Dikerahkan Dukung Siaga SAR Khusus Nataru Wilayah Jawa Timur

Sabtu, 23 Desember 2023 - 16:07 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.comHelikopter Basarnas jenis Dauphin AS365 N3+ HR-3603 melaksanakan ferry flight dengan rute Bandara Juanda–Bandara Banguwangi. Penerbangan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kegiatan siaga SAR khusus nataru yang dilaksanakan Kantor SAR Surabaya.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhammad Hariyadi yang ikut serta dalam penerbangan ini mengatakan, helikopter Basarnas HR 3603 ini disiagakan di Banyuwangi sebagai dukungan alut udara selama masa siaga SAR khusus Nataru.

Sesuai rencana, helikopter Basarnas HR 3603 ini akan melakukan patroli udara di atas penyeberangan Ketapang–Gilimanuk. Pemantauan udara ini dimaksudkan untuk melihat lalu lintas penyeberangan laut dari Jawa menuju Bali dan sebaliknya.

Berdasarkan pantauan visual udara dalam ferry flight ini tadi, intensitas kendaraan-kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk terlihat normal, belum ada peningkatan pada H-3 Hari Raya Natal 2023 kemarin.

Selain melaksanakan patroli udara, helikopter Basarnas akan digunakan untuk mengevakuasi pemudik yang menjadi korban kecelakaan, dimana kondisi kemacetan parah tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi melalui jalur darat.

“Kami, Basarnas mengimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati selama melakukan perjalanan mudik, senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan,” jelas Hariyadi. (khu/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral