Mahfud MD Hadiri Haul Pendiri Ponpes di Gresik.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Mahfud MD Hadiri Haul Pendiri Ponpes di Gresik, Ini Pesannya

Senin, 25 Desember 2023 - 08:44 WIB

Gresik, tvOnenews.com – Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menegaskan kehadirannya di haul ke-9 pendiri Pondok Pesantren Al Ishlah di Bungah, Gresik, bukan untuk melakukan kampanye politik, melainkan untuk ikut serta dalam peringatan haul di ponpes Al Ishlah.

Mahfud juga menegaskan jika kalangan santri memiliki prinsip dan pendirian dalam memilih pemimpin. Sebab dunia pondok pesantren telah mendidik mereka untuk memiliki ideologi yang fundamental dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan langsung oleh Mahfud MD saat menghadiri peringatan haul dan majelis dzikir di pondok pesantren Al Ishlah, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Minggu (24/12).

Mahfud MD yang masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam) tersebut dalam sambutanya juga menegaskan kehadirannya bukan dalam rangka berkampanye.

“Kedatangan saya kesini bukan untuk kampanye, karena kalau orang pesantren itu biasanya sudah punya pendirian, punya sikap, dan punya penilaian serta prinsip dalam memilih pemimpin. Jadi kampanye juga tidak ada gunanya, karena memang sudah memilih atau sudah tidak memilih,” ujar Mahfud.

Masih menurut Mahfud bahwa para santri dididik banyak hal tidak hanya ilmu agama oleh ulama-ulama di pondok pesantren, sehingga tak heran jika para alumni pesantren banyak yang menjadi orang-orang hebat yang memiliki kontribusi besar bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Meskipun terkadang pesantren itu dilupakan dari proses kenegaraan. Saya saat ini menjadi Menko Polhukam, menteri dua kali, pernah juga menjadi anggota DPR, pernah menjadi Ketua MK, saya dulu juga santri,” bebernya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:09
00:47
01:43
02:06
03:27
02:55
Viral