KH Abdus Salam Shohib.
Sumber :
  • Istimewa

Gus Salam Sebut Pencopotan Kyai Marzuki Mustamar dari Jabatan Ketua PWNU Jatim Bermotif Politik

Kamis, 28 Desember 2023 - 18:02 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Pencopotan KH Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jawa Timur diduga berkaiatan dengan kondisi politik saat ini, yang mendekati pelaksanaan Pilpres 2024

Sebab kyai pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek, Malang dinilai tidak bisa sejalan dengan arah dukungan PBNU.

"Karena situasinya saat ini sedang hangatnya politik. Sehingga sulit tidak mengaitkan dengan politik. Apalagi dalam pertemuan dengan sejumlah PCNU se Jatim di Hotel Shangri La Surabaya tadi malam itu Ketua Umum PBNU dan Rais Am sempat menyatakan dukungan terhadap pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor dua. Baik secara sharih (jelas) maupun secara kinayah (kiasan)," ungkap mantan Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdus Salam Shohib, Kamis (28/12/2023) di Ponpes Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang.

Kyai yang juga menjadi 'korban' pemecatan PBNU ini mengatakan, informasi adanya pernyataan dukungan kepada capres dari PBNU tersebut diterima dari sejumlah pengurus yang turut hadir dalam acara pertemuan PBNU dengan PCNU se-Jatim tanpa melibatkan Ketua PWNU KH Marzuki Mustamar.

"Ada 5 orang yang menyampaikan kepada saya. Kelimanya merasa prihatin yang dalam terhadap sikap dan keputusan PBNU itu," tandas Gus Salam.

Menurut informasi yang diterima cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri ini, alasan pemberhentian KH Marzuki Mustamar dinilai karena tidak bisa bekerjasama dengan Syuriyah PWNU. Padahal hubungan PWNU dengan Syuriyah harmonis. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral