Minuman tradisional, Jamu.
Sumber :
  • Istimewa

Jangan Ragu Minum Jamu! UNESCO Akui Jamu Sebagai Warisan Budaya Sehat Indonesia

Selasa, 2 Januari 2024 - 13:59 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Belum lama ini UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan jamu sebagai warisan budaya sehat dari Indonesia. UNESCO telah mengakui bahwa dengan meminum jamu membuat orang Indonesia menjadi sehat. Keputusan ini merupakan hal yang sangat luar biasa menurut sudut pandang Prof. Dr. Mangestuti Agil selaku Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga.

Menyoroti hal tersebut, Prof Mangestuti mengimbau masyarakat agar tidak ragu untuk meminum jamu. Hal ini dilakukan karena banyak informasi tidak benar terkait minum jamu yang beredar.

“Mulai saat ini harus meyakini dan bisa memberikan penjelasan agar tidak ada penolakan untuk meminum jamu,” ujarnya.

Keputusan yang telah ditetapkan oleh UNESCO membuat seluruh lapisan masyarakat tidak terkecuali generasi muda untuk ikut andil berperan melestarikan jamu sebagai budaya sehat. Menurut Prof Mangestuti, generasi muda harus dalam keadaan sehat selalu.

Menurutnya, konsumsi jamu juga harus tetap diimbangi dengan penerapan pola hidup yang sehat.

Ramuan jamu jangan dipandang sebagai obat. Kalau kita pandang sebagai obat kita hanya minum kalau kita sakit. Itu yang agak kurang tepat menurut saya,” jelas Prof. Mangestuti.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan generasi muda harus mau mencoba memanfaatkan bahan alam ramuan jamu dengan disertai kondisi yang menunjang kerja bahan jamu tersebut.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:24
01:33
03:57
11:28
10:12
Viral