Taman Wisata Alam Kawah Ijen di Banyuwangi Tutup.
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Taman Wisata Alam Kawah Ijen di Banyuwangi Tutup, Pelaku Jasa Wisata Kecewa

Rabu, 3 Januari 2024 - 16:46 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Penutupan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen untuk umum mulai hari ini, Rabu (3/1) membuat pelaku jasa wisata merasa kecewa. Apalagi penutupan destinasi wisata andalan Kabupaten Banyuwangi itu dilakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Padahal saat ini masih puncak musim wisata.

Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Banyuwangi, Andika Rahmat Hidayat menjelaskan, banyak wisatawan yang akhirnya batal mendaki TWA Kawah Ijen akibat penutupan itu. Padahal, mereka telah merencanakan keberangkatannya jauh hari sebelumnya.

"Terkait penutupan TWA Kawah Ijen, pasti banyak teman-teman pelaku wisata yang kaget serta kecewa, dikarenakan penutupan ini dilakukan di saat puncak musim liburan Nataru," kata Andika, Rabu (3/1).

Akibatnya, pelaku jasa wisata harus menawarkan alternatif destinasi pengganti kepada para wisatawan. Alternatif itu, misalnya, pengalihan destinasi ke Kawah Wurung, TN Baluran, Desa Wisata Adat Kemiren, TN Alas Purwo, Bangsring Underwater, dan sejenisnya.

"Kami sebagai pemandu wisata berkoordinasi dengan pihak tour and travel untuk memberikan alternatif kepada wisatawan yang tidak bisa mendaki ke Kawah Ijen," katanya.

Meski demikian, HPI Banyuwangi memahami keputusan penutupan salah satu destinasi wisata andalan di Banyuwangi itu. Andika menyebut, BBKSDA tak mungkin menutup destinasi tanpa alasan yang jelas.

"Meski begitu, kami juga mengerti jika keputusan penutupan ini tidak dilakukan tanpa alasan yang jelas oleh pihak BKSDA," tambah dia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral