Dana Tak Dicairkan Bupati, Kantor KONI Tuban Tutup.
Sumber :
  • hartono ranggalawe

Dana Tak Dicairkan Bupati, Kantor KONI Tuban Tutup

Kamis, 4 Januari 2024 - 19:28 WIB

Tuban, tvOnenews.com - Ada pemandangan menarik saat melewati jalan Pramuka Tuban. Tepatnya di depan Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban. Sebuah baliho besar berwarna dasar hitam dengan tulisan warna kuning terpampang di pagar depan kantor.

Baliho tersebut bertuliskan “PENGUMUMAN. MOHON MAAF ! KANTOR KONI UNTUK SEMENTARA OPERASIONAL DITUTUP, KARENA ANGGARAN HIBAH KONI TAHUN 2023 TIDAK DICAIRKAN OLEH BUPATI. SELANJUTNYA, URUSAN OLAHRAGA BISA BERHUBUNGAN DENGAN DISBUDPORAPAR TUBAN”

Ketua Umum Koni Tuban, Mirza Ali Mansyur, membenarkan penutupan kantor KONI tersebut. Alasanya, dana hibah untuk KONI dari Pemerintah Daerah senilai Rp700 juta  hingga tutup Tahun Anggaran 2023 tak dicairkan. Ia mengaku sempat menanyakan terkait pencairan dana tersebut kepada Kepala Dinas Disbudporapar Moh Emawan Putra dan Sekretaris Daerah Tuban Budi Wiyana. Namun, keduanya hanya memberikan permintaan maaf.

Bahkan sebelumnya, pihak koni telah melakukan berbagai upaya administrasi yang diminta pemkab untuk pencairan. Namun, dana tersebut tetap tidak dicairkan hingga tutup tahun 2023.

“Kami agak tercengang hingga akhir Desember dana hibah belum dicairkan oleh Disbudporapar, anggapan saya akan dicairkan dalam persiapan porprov," jelas Mirza.

Akibat dana hibah tidak dicairkan tersebut, praktis uang ratusan juta hasil iuran para pengurus yang sudah dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan operasional KONI selama satu tahun 2023 ini terancam tidak dapat  ganti. Termasuk gaji para staf yang sudah bekerja selama setahun, juga terancam tidak terbayar.

Mirza Ali, menduga bahwa Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky memang sengaja tidak mencairkan dana hibah untuk Koni Tuban.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral