Stasiun Gubeng Surabaya.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Jalur Lokasi Kecelakaan Kereta di Bandung Sudah Dapat Dilewati KA dengan Kecepatan Terbatas

Sabtu, 6 Januari 2024 - 11:12 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Mulai Sabtu pagi (6/1) pukul 06:30 WIB, jalur KA antara Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka sudah dapat dilewati kereta api dengan kecepatan 20 km per jam.

Jalur ini sebelumnya tidak dapat dilewati kereta api lantaran adanya kecelakaan kereta api antara KA Commuterline Bandung Raya dan KA Turangga, di Km 181+700, pada Jumat (5/1). Kereta api pertama yang melintasi jalur tersebut yaitu KA Cikuray (KA267) relasi Garut – Pasarsenen pada jam 08:56 WIB.

“KAI ucapkan terima kasih kepada semua stakeholders yang terlibat dalam proses normalisasi jalur rel Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka. Hasil koordinasi dengan petugas di Daop 2 Bandung mengabarkan, saat ini jalur rel sudah bisa dilewati dengan kecepatan terbatas. Sejumlah perbaikan jalur rel terus dilaksanakan agar dapat segera beroperasi kembali,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Pasca kejadian kecelakaan KA tersebut, KAI segera berupaya melakukan proses evakuasi sarana dan perbaikan jalur rel dengan melibatkan puluhan petugas, yang terdiri dari tim KAI, KAI Commuter, BTP wilayah Jabar Kemenhub, Basarnas, dan stakeholders terkait lainnya.

Dalam proses mengevakuasi rangkaian kereta api tersebut, KAI menggunakan 2 crane, 6 unit dongkrak elektrik, ratusan bantalan rel, serta peralatan pendukung alat berat lainnya.

Untuk penyebab kejadian kecelakaan kereta api tersebut, KAI bersama pihak-pihak terkait seperti KNKT, Kemenhub, dan Kepolisian terus menyelediki penyebab terjadinya kecelakaan ini.

“KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. KAI dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar,” ucap Luqman Arif.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral