Tanah Longsor Timbun Akses Jalan ke Lokasi Wisata Telaga Sarangan Magetan.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

Diguyur Hujan, Tanah Longsor Timbun Akses Jalan ke Lokasi Wisata Telaga Sarangan Magetan

Sabtu, 6 Januari 2024 - 12:50 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Hujan lebat selama 3 jam yang mengguyur wilayah Gunung Lawu di Kabupaten Magetan menyebabkan tanah longsor terjadi di 3 lokasi berbeda, disepanjang jalan menuju lokasi Wisata Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jumat (5/1) sekitar pukul 18:00 WIB.

Akibatnya, akses jalan menuju lokasi wisata tertimbun material longsor berupa tanah, bebatuan dan pohon. Namun dampak terparah berada tepat di depan pintu tiket masuk Telaga Sarangan, dimana tanah longsor menimbun seluruh badan jalan.

Tak hanya itu, tanah longsor juga menimpa pengendara sepeda motor yang berboncengan tiga, yakni seorang ibu Titik Sulasmi dan anaknya Dafa yang masih berumur 8 tahun dan juga saudarinya Marsi. Ketiga korban langsung dilarikan ke Puskesmas Plaosan untuk mendapatkan perawatan medis.

Petugas dari BPBD kabupaten Magetan, Darsono membenarkan adanya tanah longsor sebanyak 3 titik menuju lokasi Wisata Telaga Sarangan, dan menyebabkan pengendara sepeda motor menjadi korban. Ketiga korban tersebut adalah pekerja di sebuah hotel di wisata Telaga Sarangan yang hendak pulang.

“Yang terdata di kami tadi ada tiga titik longsoran, namun yang paling besar ini ada di pintu masuk Sarangan sebelah Utara. Dimana tebing setinggi 15 meter longsor dan menutup jalan,” kata Darsono.

Darsono mengatakan, akses jalan menuju lokasi Wisata Telaga Sarangan terpaksa ditutup sementara karena adanya proses pembersihan material longsor oleh puluhan relawan baik dari BPBD, perhutani, warga setempat dan juga personil TNI-Polri.

“Benar, untuk jalan menuju lokasi Wisata kita tutup sementara untuk dilakukan pembersihan material longsor,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:01
00:52
01:49
01:18
14:22
10:10
Viral