Seorang Profesor Ciptakan Sepeda Multiguna.
Sumber :
  • sandi irwanto

Kolaborasikan Desain dan Rekayasa, Seorang Profesor Ciptakan Sepeda Multiguna

Minggu, 7 Januari 2024 - 14:16 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Kolaborasi rekayasa dan desain menjadi kunci utama dalam pengembangan produk guna menunjang kualitas hidup manusia. Ide inilah yang memantik Profesor ke-192 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Dr Ir Bambang Iskandriawan M.Eng ciptakan deretan inovasi sepeda multiguna untuk memudahkan mobilitas dan meningkatkan produktivitas manusia. 

Guru besar pertama dari Desain Produk Industri (Despro) ITS ini menyampaikan, sepeda merupakan alat mobilisasi yang ramah bagi berbagai kalangan. Tak hanya sebagai alat transportasi, sepeda juga menjadi sarana olahraga, rekreasi, hingga penunjang kesehatan. Menurut Bambang, inovasi fitur sepeda diperlukan untuk mengoptimalkan seluruh fungsi yang dimiliki.

“Sebagai tambahan nilai guna dan nilai jual juga,” ujar lelaki yang juga menjadi profesor pertama dari Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) ITS ini.

Dalam penjelasannya, Kepala Pusat Unggulan Iptek (PUI) Desain Kreatif ITS ini mengatakan, salah satu sepeda yang dikreasikannya adalah Trandem Bike (TB). Yakni merupakan sepeda tandem yang dapat bertransformasi menjadi sepeda tunggal dan sebaliknya.Menurut Bambang, sepeda ini dapat menyelesaikan permasalahan sepeda tandem yang biasanya jarang digunakan karena harus dikayuh oleh dua orang.

“Kalau TB ini bisa dilepas rangka tengahnya dan menjadi sepeda tunggal,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk memudahkan penyimpanan sepeda tandem pada kondisi ruang terbatas, dosen kelahiran 1960 ini melanjutkan inovasi TB dengan menciptakan Sliding Tandem Bike (STB).

Bambang memaparkan, STB memiliki keterbaruan dari segi efisiensi kerangka. Sepeda jenis ini dirancang dengan fitur kerangka yang dapat dipanjangpendekkan tanpa melepas frame sepeda.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral