tembok belakang rumah warga longsor.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Detik-detik Tembok Belakang Dua Rumah Warga di Malang Longsor, Terekam Video Amatir Warga

Selasa, 9 Januari 2024 - 09:35 WIB

Malang, tvOnenews. com – Detik-detik bangunan tembok belakang dua rumah warga yang berada persis di bibir sungai Sukun, longsor dan sempat terekam video amatir warga. Dua rumah yang berada di bantaran sungai tepatnya di Jalan Kasin Gang Keramat RT 08 RW 03, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, ambrol ke aliran sungai yang dipicu tanah longsor.

Dalam video yang beredar, saat peristiwa ambrolnya dua rumah tersebut, cuaca sedang hujan gerimis. Warga yang berada di seberang sungai, mendengar suara retakan dan kemudian memperingatkan pemilik rumah sebelum akhirnya dua bangunan  tembok belakang rumah tersebut ambrol. 

Tembok penopangnya di satu sisi sehingga material berupa tanah dan bebatuan terkikis secara perlahan.

Diduga karena kikisan perlahan tersebut, akhirnya tanah penopang yang berada di salah satu bawah rumah berlantai dua tersebut tidak dapat lagi menampung berat bangunan.

Akhirnya, tembok belakang bangunan rumah yang mengarah ke sungai pun ambruk, melimpahkan material bangunan dan beberapa isi rumah termasuk perabot dan peralatan elektronik. Warga yang menonton proses robohnya tembok tersebut histeris menyaksikan kejadian tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Prayitno di Kota Malang, mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi kurang lebih pada pukul 14.40 WIB, dan dipicu tergerusnya plengsengan akibat peningkatan debit air karena hujan intensitas tinggi.

Prayitno menjelaskan rumah milik Matraji yang ambrol ke aliran sungai Sukun tersebut, dalam kondisi kosong atau tidak ditempati. Sementara ambrolnya rumah milik Joko, menyebabkan sejumlah perabotan rumah jatuh ke aliran sungai.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
02:07
01:01
01:24
06:03
00:58
Viral