Dampak puting beliung di Sumenep.
Sumber :
  • veros afif

Kota Sumenep Diterjang Angin Puting Beliung, Dua Kecamatan Terancam Lumpuh Total

Selasa, 9 Januari 2024 - 17:23 WIB

Sumenep, tvOnenews.com - Terjangan angin puting beliung selama satu jam lamanya memporak-porandakan Kota Sumenep, Madura. Tercatat ada belasan tiang listrik di sepanjang jalan protokol provinsi Jawa Timur roboh, sehingga mengakibatkan aliran listrik di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kota Sumenep dan Kecamatan Saronggi mati.

"Ada belasan tiang listrik di sepanjang jalan protokol Provinsi Jawa Timur yang roboh akibat terjangan angin puting beliung, sehingga ada dua kecamatan yang dimungkinkan akan terjadi pemadaman listrik," ungkap Arif Susanto, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep.

Selain itu, akibat terjangan angin puting beliung, puluhan pohon pun tumbang dan ada beberapa rumah warga yang dilaporkan roboh. Akan tetapi akibat peristiwa tersebut, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa.

Sementara itu, menurut salah satu pengendara motor, Efendi, dirinya menjelaskan bahwa angin kencang tiba-tiba menerjang jalanan Kota Sumenep, beruntung dirinya dapat berlindung diri, ketika terjangan angin puting beliung melanda, dan menurutnya pada waktu itu, jalanan tengah sepi, lantaran hujan deras.

"Secara tiba-tiba terjangan angin kencang yang disertai hujan melanda Kota Sumenep, pada waktu tadi jalanan beruntung sangat sepi, dan saya pun segera mencari tempat untuk berlindung diri," terang Efendi.

Akibat dari terjangan angin puting beliung yang merobohkan belasan tiang listrik dan puluhan pohon tersebut, akses jalan antar kabupaten ditutup hingga material tiang listrik dan pohon dievakuasi. Sementara itu aliran listrik pun saat ini tengah dipadamkn hingga jaringannya kembali normal. (vaf/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral