Presiden Jokowi tegaskan presiden terpilih wajib teruskan anggaran riset pendidikan naik.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Presiden Jokowi Tegaskan Presiden Terpilih Wajib Teruskan Anggaran Riset Pendidikan

Senin, 15 Januari 2024 - 14:40 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo akan menaikkan anggaran riset pada tahun 2024. Presiden tegaskan presiden terpilih nantinya tidak boleh memotong anggaran riset pendidikan.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta perguruan tinggi untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan inovasi yang optimal pada 10 tahun ke depan.

Dikatakan Jokowi, sumber daya alam yang melimpah tapi tidak cukup untuk menjadikan Indonesia negara maju. Paling penting, kata dia, adalah SDM berkualitas.

"Saya kemudian berpikir, inilah yang menyebabkan Tiongkok melompat maju di 20 tahun terakhir dan melampaui negara-negara maju. Kedua India. Saya cari mahasiswa dari Indonesia, ternyata ada lima, sangat kecil sekali," ujarnya.

Sementara saat ke Vietnam, Jokowi mendapatkan informasi bahwa ada satu perusahaan swasta, Research and Development (R&D) memiliki 2400 peneliti. Hal itu, menurut Jokowi, menunjukkan betapa Vietnam sangat menghargai riset, termasuk Tiongkok yang salah satu satu perusahaan bisa memiliki 24 ribu R&D.

"Vietnam income per kapita kira 4200 dolar AS. Kita sekarang sudah 5100 dolar AS padahal Vietnam mulai 1975 baru selesai perang. Artinya 30 tahun duluan kita. Tapi mereka ngebut kenceng. Dan hati-hati income per kapitanya melampaui kita. Kalau kita monoton dan santai saja bisa kelewat Vietnam, ini yang kita tidak mau," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa lembaga perguruan tinggi punya peran strategis untuk menciptakan SDM unggul dan berkualitas, dan bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan tapi juga yang mau belajar SDM yang kuat fisik mental dan moralnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral