status Khofifah di PBNU pasca bergabung dengan TKN Prabowo - Gibran.
Sumber :
  • tim tvone - syamsul huda

Status Khofifah di PBNU Pasca Resmi Bergabung dengan TKN Prabowo-Gibran, Ini Tanggapan Ketua PBNU

Selasa, 16 Januari 2024 - 11:09 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Secara resmi Khofifah Indar Parawansa, Ketua PP Muslimat NU ini telah menyatakan dirinya bergabung dengan TKN, dan siap untuk menjadi jurkamnas bagi pasalon nomor urut 02. Lantas seperti apa nantinya status Khofifah Indar Parawansa di kepengurusan NU ? 

KH Yahya Cholil Staquf, Ketua PBNU menegaskan sampai hari ini, pihaknya belum mengetahui apa peran dari Gubernur Jawa Timur ini di TKN Prabowo, meski telah resmi menyatakan bergabung. Meski demikian Ketua PBNU menegaskan, jika menjadi jurkam, siapapun yang berada di kepengurusan NU harus non aktif dulu, dan tidak boleh membawa nama organisasi dalam aktifitas politiknya.

"Kalau dia menjadi tim resmi, maka dia harus non aktiff, kalau dia menjadi calon legislatif maka harus mengundurkan diri, dan tidak boleh menggunakan NU sebagai lembaga untuk melakukan mobilisasi," tegas KH Yahya Cholil Staquf, Ketua PBNU saat menghadiri acara penyerahan SK Pj Ketua PWNU Jatim di Surabaya.

Terkait status Khofifah, Ketua PBNU menegaskan bahwa Ketua PP Muslimat ini akan non aktif, jika telah resmi terdaftar sebagai bagian dari tim kampanye pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Beliau (Khofifah) akan non aktif jika nantinya telah resmi terdatar sebagai bagian dari pasangan calon prsiden dan wakil Presiden," lanjutnya.

Sementara itu, Sekjen PBNU yang juga hadir mendampingi Ketua PBNU dalam penyerahan SK Pj Ketua PWNU Jatim di Surabaya, menegaskan saat ini surat cuti Khofifah masih dalam proses, dan akan diumumkan nanti pada akhir Januari oleh PBNU, siapa saja pengurus yang akan non aktif karena aktifitas politiknya.

"Lagi proses, kan mulai kampanyenya tanggal 21 Januari. Dan untuk mekanismenya yang bersangkutan akan berkirim surat ke PBNU, dan nanti semua akan diumumkan oleh PBNU," jelas KH Syaifulah Yusuf, Sekjen PBNU.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:01
02:57
02:49
01:28
08:28
02:38
Viral