Khofifah dalam skuad Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Efek Khofifah Gabung TKN Prabowo-Gibran, Para Kiai Jatim Mulai Berubah Arah Dukungan ke Paslon 02

Selasa, 30 Januari 2024 - 14:27 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Masuknya Khofifah dalam skuad Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, membawa dampak signifikan pada menguatnya arah dukungan para tokoh agama di Jawa Timur.

Fahrul Muzakki, pengamat politik dari Departemen Fisip Universitas Airlangga Surabaya, gelombang dukungan para kiai, pengasuh pesantren besar dan gus muda kepada paslon 02, dinilai sangat wajar.

Para tokoh agama mulai berpikir rasional. Jika kemudian sudah terlihat jelas-jelas bahwa paslon 02 (Prabowo-Gibran) akan memenangi satu putaran maka kenapa tidak kemudian beralih dukungan.

Di kalangan pesantren dan beralihnya dukungan itu juga jadi fenomena gunung es yang tidak terlihat di permukaan.

"Bahayanya di mana? Ya akan ada banyak dukungan kiai dan pesantren Jatim login dukung Paslon 02. Hal ini karena tampilnya Bu Khofifah Indar Parawansa, yang all out bagi Paslon 02. Tentu saja, hal itu tak bisa dibendung kemudian akan diikuti oleh para tokoh dan kiai se Jatim," jelas Fahrul Muzakki.

Di sisi lain, pesantren dan kalangan pondok yang memiliki pengaruh besar di akar rumput sudah harus menghitung rekam jejak mereka.

Diakui atau tidak, bahwa pengaruh Khofifah Indar Parawansa, yang dalam pencalonan Pilkada Jatim 2019 lalu itu, menguasai kalangan pesantren akan berdampak besar terhadap dukungan 02.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:52
04:19
02:01
06:13
08:31
Viral