Pernyataan Sikap Guru Besar dan Civitas Akademika Universitas Negeri Surabaya.
Sumber :
  • tvOne - syamsul huda

Civitas Akademika Unesa Bersuara untuk Jaga Demokrasi, Ini 6 Pernyataan Sikapnya

Senin, 5 Februari 2024 - 14:52 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Fenomena civitas akademika menanggapi kondisi demokrasi di Indonesia tengah terjadi di sejumlah kampus besar. Berbagai kampus di tanah air telah menyatakan sikap.

Pernyataan sikap ini juga dilakukan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Senin (5/2), begitu pula dengan 39 Universitas di Jawa Timur yang serentak diikuti ratusan peserta dari masing masing perguruan tinggi, guna menyampaikan gerakan moral serupa.

Bertempat di Laboraturium Merdeka Belajar UNESA Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Deklarasi dan Pernyataan Sikap Guru Besar dan Civitas Akademika Universitas Negeri Surabaya mengambil tema "Mengawal Demokrasi Menjaga NKRI" dengan diikuti 100 peserta dosen, guru besar, mahasiswa dan alumni.

Dr Martadi, M.Sn., Dosen Desain Grafis menyampaikan gerakan moral ini merupakan aksi menjaga dinamika yang berkembang, dimana ditemukan potensi memecah persatuan, maka perlu kontribusi akademisi untuk mengingatkan komponen bangsa dalam pemilu.

“Tidak mengarah ke salah satu pasangan, lebih mengarah ke masyarakat untuk mengawal agar pesta demokrasi berjalan lancar sesuai koridor demokrasi,” tuturnya.

Serangkaian gerakan yang muncul tersebut, adalah salah satu upaya civitas akademika dalam meluruskan hal-hal yang tidak sesuai dengan amanat reformasi.

Dr Martadi menilai perguruan tinggi memiliki tanggung jawab moral, tugasnya adalah mengingatkan untuk memberikan pesan moral agar tetap terjaga persaudaraan, dan jangan karena pemilu menimbulkan perpecahan, khususnya netralitas dari segala aspek.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral