Simulasi Pemilu Khusus untuk Warga Binaan.
Sumber :
  • hery sampurno

Tekan Angka Golput, Rutan di Situbondo Gelar Simulasi Pemilu Khusus untuk Warga Binaan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:59 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Untuk menekan angka golongan putih (golput) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilangsungkan pada 14 Febuari 2024 mendatang, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2 B Kabupaten Situbondo melakukan simulasi pencoblosan ke seluruh warga binaan pemasyaraatan (WBP) di Aula Rutan Situbondo dan Petugas Kelompok Penyelanggara Pemungutan Sura (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus Rutan Situbondo Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Simulasi sendiri dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi kepada seluruh WBP yang menjadi daftar pemilih pemilu tentang prosesi, tahapan dan seluruh hal-hal yang wajib diketahui oleh mereka.

Dalam arahannya pada saat simulasi Kepala Rumah Tahanan Situbondo, Rudi Kristiawan menyampaikan kepada seluruh WBP untuk bersungguh-sungguh mengikuti pemilu yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini dan memilih calon pemimpin bangsa sesuai dengan hati nuraninya masing-masing.

“Mungkin teman-teman WBP ada yang belum paham atau sudah lupa tentang bagaimana cara mencoblos, bagaimana alurnya, dapat berapa surat suara, dan pengetahuan lain tentang pemilu, untuk itu hari ini kami laksanakan kegiatan ini bersama seluruh petugas dan didampingi oleh teman-teman PPK juga dari KPU," ungkap Karutan jebolan AKIP 43, Sabtu (10/2).

"Saya kira teman-teman sudah mengikuti perkembangan saat ini tentang siapa capres dan wapresnya. Tentukan pilihan dan kemantapan hati masing-masing sebelum mencoblos, jangan terpengaruh oleh siapapun. Ini bentuk netralitas kami sebagai Apartur Sipil Negara Kemenkumham dan dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024 di Rutan Situbondo ini," jelas Rudi.

Kegiatan simulasi ini dilaporkan langsung kepada Heni Yuwono, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

"Mari kita jaga netralitas dan kita sukseskan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang dengan jujur dan adil, semoga kita mendapatkan pemimpin bangsa yang amanah dan baik," tutup Heni, Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur. (hso/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
05:22
04:27
01:33
Viral