Petugas Medis Dokkes Polda Jatim periksa petugas TPS.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

1000 Petugas Medis Dokkes Polda Jatim Disebar lakukan Pemeriksaan Kesehatan Petugas TPS

Jumat, 16 Februari 2024 - 14:59 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim memberikan dukungan kesehatan kepada petugas Pemilu 2024, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta aparat keamanan TNI-POLRI hingga Satpol PP yang tergabung dalam PAM TPS 2024. Dukungan kesehatan ini merupakan antisipasi Polda Jatim kepada petugas yang kelelahan saat hingga usai mengawal Pemilu Serentak 2024. 

Ada sekitar 1000 petugas dokter Biddokkes Polda Jatim, disebar menyeluruh di setiap daerah TPS. Tim medis yang diterjunkan berasal dari 46 Faskes tingkat pertama jajaran polres dan polresta se-Jatim, serta delapan RS Bhayangkara di Jatim.

Kepala Bidang Dokkes Polda Jatim Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim mengatakan, terdapat empat metode teknis sistem pemantauan kesehatan personel kepolisian yang bertugas selama Pemilu 2024. Yakni, telemedicine, patroli kesehatan, home care, dan hospitals care. 

Tim Medis yang melakukan patroli telah dibekali obat-obatan yang dapat langsung diminum, termasuk alat infus yang dapat digunakan menangani pasien di lokasi kejadian, sebelum menuju ke fasilitas kesehatan. 

"Sehingga kalau kejadiannya di jantung dan segala macam, bisa minum obat, dan masih ada waktu untuk pelayanan kesehatan," ujarnya saat ditemui di Gedung Biddokkes Mapolda Jatim. 

"Ada penyakit metabolik, kategori biru. Itu misalnya diabet, over weight. Itu penanganan berbeda. Dan sebab-sebab lain atau laka lantas dan sebagainya," lanjutnya. 

Sementara untuk internal anggota, Biddokkes Polda Jatim menerapkan pemantauan kesehatan anggota Polri yang bertugas dengan aplikasi Pengamanan Kesehatan Pemilu Jawa Timur. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral