Pemkot Batu Kembangkan Kawasan Bawang Merah di Desa Torongrejo.
Sumber :
  • antara

Dinilai Mampu Kendalikan Inflasi, Pemkot Batu Kembangkan Kawasan Bawang Merah di Desa Torongrejo

Kamis, 22 Februari 2024 - 15:47 WIB

Batu, tvOnenews.com - Pengembangan kawasan pertanian bawang merah di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, dinilai mampu memberi andil besar terhadap pengendalian inflasi dan harga komoditas yang seringkali mengalami fluktuasi harga tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai di Kota Batu, mengatakan bahwa pengembangan kawasan itu merupakan program unggulan dalam Evaluasi Kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kota se-Indonesia Tahun 2023, Kamis (22/2).

"Mudah-mudahan kinerja TPID pada 2024 semakin ditingkatkan, termasuk inovasi dan kolaborasi, sehingga dampaknya semakin dirasakan oleh masyarakat,” kata Aries.

Aries menjelaskan, dari pengembangan kawasan pertanian bawang merah, Kota Batu menjamin ketersediaan komoditas tersebut dan mampu menekan angka inflasi dengan besaran -0,28 persen, secara rata-rata pada periode Januari-November 2023.

Menurutnya, pengembangan kawasan pertanian bawang merah tersebut, merupakan salah satu program unggulan untuk menjawab tingginya tingkat fluktuasi harga komoditas tersebut setiap tahunnya, dan berakibat pada tingkat inflasi.

Menurutnya, dengan program pengembangan kawasan pertanian bawang merah itu, bisa menjadi salah satu langkah dalam upaya stabilisasi harga bawang merah, terutama pada tingkat konsumen, khususnya di wilayah Kota Batu.

Ia menambahkan, kawasan pertanian bawang merah di Desa Torongrejo tersebut merupakan kerja sama multipihak dengan pemberdayaan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Torong Makmur Desa Torongrejo dengan melibatkan 10 kelompok tani atau sekitar 400 petani.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral