Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah Dibubarkan.
Sumber :
  • IST

Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah Dibubarkan, Aktivis GP Ansor Afif Fuad Membela: Banser Mau Ikut Salat Tapi Enggak Dibolehin

Jumat, 23 Februari 2024 - 19:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengajian Ustaz Basalamah di masjid As Salam , Purimas Gunung Anyar, di kawasan MERR Jl. Ir Soekarno Surabaya dibubarkan anggota Barisan Ansor Serbaguna atau Banser. Sempat terjadi kericuhan, bahkan terjadi saling dorong dan adu pukul antara jemaah pengajian dengan anggota Banser.

Pembubaran pengajian Ustaz Basalamah di masjid As Salam pada Kamis malam (22/2/2024) yang dilakukan Banser  dan gerakan pemuda Ansor Gunung Anyar, Surabaya sempat berlangsung ricuh. Sejumlah anggota Banser dan GP Ansor masuk ke masjid As Salam/ melewati ratusan jamaah pengajian yang berada di halaman hingga di dalam masjid.

Awalnya sempat terjadi perdebatan dan  ketegangan antara panitia dan GP Ansor serta  anggota Banser yang meminta pengajian dihentikan.  Sejumlah peserta pengajian yang tidak terima ikut merangsek dan terlibat ketegangan. Aksi saling dorong dan adu pukul antara peserta pengajian dengan Banser pun tak terhindarkan. Untungnya,  kericuhan ini tidak berlangsung lama karena diredam petugas kepolisian. Meski begitu, suasana di sekitar masjid masih tegang.

Menanggapi hal tersebut, aktivis GP Ansor Afif Fuad Saidi memberikan pembelaan. Menurutnya, saat ini Banser hanya ingin salat di Masjid.

"Gini ini kl undang penceramah Wahabi, Banser mau ikut sholat jamaah aja ga dibolehin, malah dipukul. lalu teriak2 Banser bubarin pengajian, kacau ...," katanya di akun Twitter @AfifFuadS, Jumat (23/2/2024).

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya, M Asyiqun Nahdli  menyebutkan, pihaknya  Kamis siang sudah berkoordinasi dengan petugas kepolisian di Polsek Gunung Anyar dan panitia agar pengejian tidak digelar. GP Ansor dan Banser menolak pengajian ustadz Basalamah yang dinilai provokatif dan mengandung  ujaran kebencian.

“Sebenarnya ini bukan permasalahan, tapi pihak takmir yang menjadikan permasalahan. Tadi siang kami sudah ditengahi oleh polsek (Gunung Anyar). Ada surat perjanjian bahwa pengajian ini dibatalkan. Tetapi framening media sosial tidak dipenuhi  untuk dibatalkan dan pengajian ini terus. Itu yang membuat kita datang ke sini,” ungkap M Asyiqun  Nahdli s.ars , Ketua PAC GP Ansor Gunung  Anyar Surabaya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
23:20
Viral