Seminar International.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Santri Modern Wajib Update Ilmu Peradaban Manusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 09:26 WIB

Bojonegoro, tvOnenews.com - Jelang bulan ramadan yang tinggal sepekan ini, Pondok Pesantren Modern Al-fatimah di Bojonegoro, mendatangkan Prof Dr Muhammad Salim Abu As, Guru Besar Al Azhar Kairo dan Dr KH Hasan Ubaidillah sekretaris Kopertais IV Surabaya, dalam Seminar International bertema Recontextualizing Fiqh for Equal Humanity and Subtainble. 

Menurut KH Tamam Syaifuddin, Pengasuh Ponpes Modern Al-fatimah, seminar internasional ini sebagai sebuah keniscayaan untuk mendukung prinsip kesamaan derajat kemanusiaan dan perdamaian yang berkelanjutan.

"Peradaban manusia harus diikuti dengan peradaban fiqh, fiqh itu dalam arti adalah pedoman agama,” tutur Kiai Tamam.

Mengikuti perkembangan jmodernaman dan peradaban manusia, lanjut Kiai Tamam, pentingnya pedoman agama itu harus diupdate. 

“Kalau memang harus diupdate (Recontextualisi), maka diperlukan SDM-SDM yang berkualitas yang paham tentang agama dan perkembangan jaman,” tuturnya.

Fiqh memegang peranan penting dalam membentuk cara pandang, sikap dan perilaku dalam relasi antar manusia, karena fiqh sesungguhnya adalah wacana yang terbuka dan inklusif.Disampaikan oleh narasumber Prof Dr Muhammad Salim Abu As Guru besar Al Azhar Kairo, agar para santri dan mahasiswa mengupdate ilmu-ilmu baru dalam perkembangan dunia modern, harus diikuti namun tidak mengubah norma-norma agama.

“Kemajuan jaman harus diikuti juga dengan kemajuan ilmu agama, jangan sampai para santri dan mahasiswa ketinggalan mengupdate ilmu agamanya di jaman modern ini,” tandas Kiai Tamam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral