Bank Indonesia Aktivasi layanan Warkat SKBNI pertama.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Bank Indonesia Aktivasi Layanan Warkat SKBNI, Kliring pertama 76 Bank Jadi Pilot Project

Selasa, 5 Maret 2024 - 13:23 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Aplikasi Pertukaran Warkat Debit (PWD) Sistem Kliring Nasional resmi dilakukan aktivasi oleh Bank Indonesia (SKNBI) di Wilayah Kliring Surabaya, dengan jumlah peserta kliring pertama sebanyak 79 bank.

Aplikasi PWD SKNBI adalah aplikasi berbasis web yang disediakan Bank Indonesia dan dapat diakses melalui peramban pada telepon genggam, dalam kegiatan pertukaran warkat debit yang dilakukan peserta SKNBI.

Aktivasi aplikasi ini akan dilakukan secara bertahap berdasarkan kesiapan masing-masing Wilayah Kliring di Indonesia, baik dari sisi penyelenggara maupun peserta.

Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran (DPSP) Bank Indonesia, Ida Nuryanti, mengatakan aktivasi aplikasi ini merupakan salah satu bentuk transformasi digital untuk mendukung efisiensi pada operasional kegiatan pertukaran warkat debit oleh peserta, yang sebelumnya masih dilakukan secara manual.

“Warkat debit yang diproses secara mayoritas melalui kliring SKNBI adalah instrumen Cek dan Bilyet Giro (BG),” ujar Ida. 

Ida menyebut, dari hasil penelitian Bank Indonesia pada 2023, meskipun transaksi Cek dan BG menurun dengan berkembangnya berbagai instrumen pembayaran berbasis elektronik, sebagian pelaku usaha masih menjadikan Cek dan BG sebagai pilihan alat pembayaran utama dalam transaksi usahanya.

“Hal ini didukung adanya karakteristik yang dimiliki Cek dan BG, khususnya fitur bayar tunda tanpa bunga dan sanksi Daftar Hitam Nasional (DHN), yang belum tergantikan instrumen pembayaran lainnya,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral