Banyuwangi Raih Adipura.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Raih Adipura, Banyuwangi Masifkan Perawatan dan Kebersihan Sungai di Tempat Wisata

Rabu, 6 Maret 2024 - 15:52 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Program inovasi Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai (Sekardadu) mulai dimasifkan. Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Banyuwangi memang terus meningkatkan program ini dengan melibatkan berbagai pihak utamanya anak-anak sekolah.

Jika sebelumnya menyasar kawasan bendungan atau dam, kali ini merambah ke sektor pariwisata. Salah satunya acara Festival Sekardadu di destinasi wisata Jopuro, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Rabu (6/3). 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani membeberkan kalau program Sekardadu yang diinisiasi Dinas PU Pengairan Banyuwangi telah berjalan 3 tahun.

“Tujuan dari program ini masih sama, menjaga dan merawat kebersihan sungai, mulai daerah tangkapan air mulai hulu hingga hilir,” jelasnya.

Ipuk menambahkan, program Sekardadu menggerakkan lintas sektoral, termasuk sekolah dan kampus untuk bersama-sama merawat kebersihan sungai yang ada di sekitar lingkungannya.

Namun untuk Sekardadu tahun ini sedikit ada perbedaan.

“Kalau dua tahun lalu ke dam, sekarang ke tempat wisata. Bagaimana program Sekardadu ini harus berpikir holistik integratif. Jadi satu kegiatan tapi manfaatnya banyak,” ujar Ipuk.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
05:22
04:27
01:33
Viral