Salah satu rumah terdampak tanah amblas.
Sumber :
  • umar sanusi

Tanah Amblas hingga 1,5 Meter, Puluhan Rumah Rusak Parah

Kamis, 7 Maret 2024 - 10:00 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Tanah amblas terjadi di Dukuh Sumber Lamong, Dusun Jumok, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Amblasnya tanah di lereng Gunung Anjasmoro tersebut kedalamannya bervariasi, mulai dari 50 sentimeter hingga 1,5 meter, dengan luas area sekitar tiga hektare. Penyebab amblas tanah, karena curah hujan intensitas tinggi lebih dari tiga jam sehingga mengakibatkan tanah yang memang telah labil, amblas.

"Mulai bergerak itu jam 12 malam disertai suara blak keras, langsung saya dan keluarga bermaksud keluar rumah. Tapi pintu sudah tidak bisa dibuka karena amblas. Saya baru bisa keluar setelah saya minta tolong tetangga agar menendang pintu rumah saya dari luar," cerita Sugito, salah satu korban tanah amblas (7/3/2024).

Setelah semua keluarga berada di luar rumah, lanjut Sugito, perlahan tanah amblas terus bergerak menurun. Sehingga pada sekitar pukul 07.00 WIB, Kamis pagi, kedalaman amblas tanah berkisar 1,5 meter.

Peristiwa tersebut menurut Sugito, dibarengi dengan turunnya hujan deras yang sangat lebat.

"Dalam kejadian ini sebelas rumah yang kena tanah amblas, semuanya rusak parah dan tidak bisa ditempati lagi," tambahnya.

Sebelas rumah yang mengalami kerusakan akibat tanah amblas, rata-rata terkena garis tanah amblas. Sehingga kondisi rumah miring atau nyaris roboh.

Hingga Kamis pagi masih tampak warga menyelamatkan harta benda dan ternaknya ke tempat aman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral