Banjir merendam ratusan rumah di tiga desa di Mojokerto.
Sumber :
  • ika nurulla

Tanggul Sungai Sadar di Mojokerto Jebol, 895 Rumah di Tiga Desa Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Jumat, 8 Maret 2024 - 13:13 WIB

Mojokerto, tvOnenews.com - Curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Mojokerto, mengakibatkan debit air Sungai Sadar over kapasitas, sehingga salah satu tanggul di Desa Kedung Gempol, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, jebol. Akibatnya ratusan rumah di tiga desa terendam banjir dan puluhan hektare sawah terendam.

Banjir terjadi di Kabupaten Mojokerto akibat tanggul Sungai Sadar di Desa Kedung Gempol jebol 30 meter. Tiga desa yang terdampak yaitu Desa Ngerame, Desa Jotangan dan Desa Kedung Gempol, Kecamatan Mojosari terendam banjir.

Menurut data BPBD Mojokerto, kurang lebih 895 rumah di tiga desa dan 80 hektare sawah tersebut terendam banjir. Ribuan warga berasal dari tiga desa tersebut memilih mengungsi ke sanak saudara terdekat dan di tempat pengungsian seadanya di balai desa masing-masing.

Kordinator Dapur Umum, Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Ashari mengatakan untuk tanggap darurat bajir kali ini, Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto membuka dapur umum untuk memasok nasi bungkus bagi pengungsi di tiga desa yang terdampak banjir. Total keseluruhan warga yang disuplai nasi bungkus kurang lebih lima ribu warga.

“Dapur umum melayani 5000 warga yang terdampak banjir. Maka setiap harinya dapur umum harus membuat nasi bungkus buat pagi, siang dan malam hari. Jadi kurang lebih 15 ribu nasi bungkus harus disiapkan,” ujar Ashari, kordinator dapur umum.

Sementara itu, untuk mencukupi 15 ribu nasi bungkus, Tagana Dinsos Kabupaten Mojokerto dibantu oleh Tagana dari Kabupaten Jombang, Tagana Kabupaten Kediri dan para relawan dari beberapa elemen masyarakat di Kabupaten Mojokerto. (ikn/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:09
01:34
02:08
01:24
01:33
03:57
Viral