Banjir rendam 500 rumah di Jombang.
Sumber :
  • Tim tvone - umar sanusi

Banjir Rendam 500 Rumah di Tiga Kecamatan di Jombang

Minggu, 10 Maret 2024 - 10:47 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Banjir kembali merendam ratusan rumah warga di Jombang. Bukan saja merendam sejumlah jalan desa, banjir juga merendam rumah warga. Desa yang terparah dilanda banjir, Desa Kademangan, Kecamatasn Mojoagung, Jombang.

Ketinggian air di dalam rumah mencapai satu meter, sedangkan di luar rumah hingga dua meter lebih. Banjir terjadi disebabkan Sungai Gunting dan Sungai Catak Banteng tidak mampu menampung debit ait sehingga meluap ke perkampungan.

"Air mulai masuk kampung itu sekitar jam 6 petang, terus naik hingga jam 12 malam sudah tinggi. Banjir ini karena sungai tidak mampu menampung air hujan di daerah hulu seperti Kandangan dan Wonosalam. Karena hujannya deras dan lama," ujar Muhammad Fatkur, salah satu warga korban banjir, Minggu (10/3).

Meskipun rumahnya terendam banjir namun warga enggan mengungsi ke balai desa. warga memilih bertahan di rumah masing-masing dengan alasan keamanan barang-barangnya.

"Kalau ditinggal mengungsi kalau sudah surut tidak bisa segera bersih-bersih. Ya kita tunggu saja sampai surut," tambah Fatkur.

Sejak air meninggi, tim BPBD Jombang, TNI dan Polri telah melakukan patroli keliling lokasi banjir. Selain menjaga keamanan, juga mengantisipasi adanya warga yang membutuhkan bantuan untuk dievakuasi.

"Kita gunakan perahu karet, patroli bersama. Warga yang butuh bantuan langsung kita respon," kata Abdi Purwoko, Katim Pusdalop BPBD Jombang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral