satu desa terendam banjir.
Sumber :
  • Tim tvone - handy

Tanggul Jebol, 1 Desa dan 1 Kelurahan di Mojokerto Terendam Banjir

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:57 WIB

Mojokerto, tvOnenews.com - Derasnya arus Sungai Brangkal setelah diguyur hujan lebat, menyebabkan tanggul di Desa Wringinrejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto jebol, Sabtu (9/3) malam. Akibat jebolnya tanggul tersebut, ratusan rumah di Desa Wringinrejo dan Kelurahan Surodinawan terendam banjir.

Luapan dari aliran sungai ini menerjang permukiman sekitar pukul 19.30 WIB. Derasnya arus banjir sempat membuat warga kewalahan saat berusaha menyelamatkan diri keluar dari permukiman. Warga harus berjibaku agar tidak terseret derasnya arus. Apalagi air juga masuk hingga ke dalam rumah.

"Banjir ini dampak dari luberan sungai Brangkal, yang tempo hari tanggulnya jebol. Airnya masuk kampung sekitar habis sholat isya', langsung kita umumkan lewat pengeras suara musala, supaya warga dieakuasi ke tempat aman" terang Kepala Desa Weringinrejo, Suhartono. 

Suhartono mengaku, tanggul yang jebol sebenarnya sudah dilakukan pembenahan. Namun karena meningkatnya debit air sungai dan derasnya arus membuat tanggul jembol kembali.

"Yang jebol sepanjang tiga puluh meter. Kita sudah lakukan pembenahan mulai hari rabu dan kamis, tapi sekarang air sudah datang lagi. Jadi tanggul yang jebol kemarin belum selesai, jebol lagi" tambah Suhartono. 

Selain permukiman Dusun Sambirejo, Desa Weringinrejo, banjir juga merendam Jalan Raya dan permukiman di Kelurahan Surodinawan. Ketinggian air banjir yang merendam ratusan rumah tersebut bervariatif, mulai 30 sentimeter hingga 1 meter lebih.

Kondisi terparah dialami kawasan permukiman di Perumahan Gransite, Kelurahan Surodinawan. Di perumahan tersebut ketinggian air lebih dari 1 meter, atau setinggi dada orang dewasa. Bahkan derasnya air menyebabkan tembok pagar pembatas perumahan roboh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral