Umat Hindu di Blitar Gelar Pawai Ogoh-ogoh.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Umat Hindu di Blitar Gelar Pawai Ogoh-ogoh

Senin, 11 Maret 2024 - 09:32 WIB

Blitar, tvOnenews.com - Ribuan umat Hindu menggelar pawai ogoh-ogoh di Jalan Bromo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Umat membawa berbagai atribut keagamaan dan berbagai patung raksasa berbagai jenis pawai, bertujuan untuk mensucikan lingkungan dari segala unsur negatif.

Ketua Panitia pawai ogoh-ogoh Blitar Raya Setiyoko mengatakan, pawai ogoh-ogoh ini merupakan rentetan dari perayaan hari raya Nyepi yang digelar setiap tahun. Agenda rutinan ini dilaksanakan sehari menjelang Nyepi.

"Pawai ogoh-ogoh adalah rentetan hari raya Nyepi yaitu tawur agung, jadi menjelang hari raya Nyepi kita mensimbolkan betakala dalam ogoh-ogoh,” jelasnya.  

Lanjut Setiyoko, sebelumnya pawai ogoh-ogoh dilakukan umat Hindu juga telah melaksanakan melasti di Pantai Jolosutro Kabupaten Blitar. Umat Hindu berharap dengan adanya pawai ogoh- ogoh bisa menjadi daya tarik wisatawan dan melestarikan budaya, khususnya di Blitar. 

"Sebelumnya minggu kemaren melasti di Pantai Jolosutro, untuk tahun ini kita mensterilkan dari sound system," lanjutnya. 

Pawai ogoh-ogoh ini merupakan agenda rutin setiap tahun menyambut datangnya hari raya Nyepi yang jatuh pada 11 Maret 2024. Pawai dimaksudkan untuk mengusir segela roh jahat dan mensucikan lingkungan agar terhindar dari malapetaka saat datangnya hari raya nyepi. 

Usai diarak keliling, ogoh-ogoh kemudian dibawa pulang ke tempat ibadah masing masing, selanjutnya dibakar sebagai simbol menghilang sifat buruk dari ogoh-ogoh tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
Viral