Tradisi ziarah kubro di Gresik.
Sumber :
  • m habib

Lestarikan Tradisi, Ratusan Warga Gunung Kapur Sekapuk Gresik Lakukan Ziarah Kubro Ramadan 1445 H

Selasa, 12 Maret 2024 - 16:43 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Ratusan warga Desa Sekapuk melestarikan Tradisi Ziarah Kubro pada Ramadhan 1445 Hijriah. Warga masyarakat eks desa miliader itu nampak khidmat mengikuti ziarah kubro di pemakaman umum Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Tradisi ziarah kubro warga yang tinggal di kawasan Gunung Kapur dan eks Tambang Kapur Sekapur tersebut, merupakan kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Desa Sekapuk dan ulama desa setempat.

"Alhamdulillah berlangsung dengan lancar dan penuh kekhidmatan kegiatan ziarah kubro pada Senin yang dilakukan bersama-sama antara Pemdes, para ulama, dan masyarakat seDesa Sekapuk,” ungkap Penjabat Kepala Desa Sekapuk, Ridloi, Selasa (12/3/2024).

Tradisi berkirim doa jelang datangnya bulan suci Ramadan ini, kata Ridlo'i, merupakan kegiatan yang terus-menerus dilestarikan oleh masyarakat Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik.

Sementara Ketua Tanfidziyah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Sekapuk, Muslikh Mukhtar menjelaskan, kegiatan ziarah kubro jelang Ramadan menjadi amal ibadah serta menjadi dakwah kultural. 

“Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara ulama, umaro', ormas dan masyarakat Desa Sekapuk terkhusus sebagai panitianya pengurus makam umum desa di bawah juga dari teman-teman pengurus Lembaga Dakwah NU Ranting Sekapuk,” jelasnya. 

Kegiatan terangkai dari pagi hingga sore menjelang maghrib dengan susunan pagi hingga siang Khotmil Qur'an bil ghoib oleh para huffadz warga Sekapuk, dilanjut sore harinya pembacaan Yasin dan Tahlil Bersama setelah itu ditutup dengan tabur bunga bersama masyarakat Desa Sekapuk. (mhb/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral