Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto.
Sumber :
  • dewi rina

Enam Rumah Warga di Bibir Sungai Bengawan Solo Terancam Longsor

Sabtu, 16 Maret 2024 - 12:30 WIB

Bojonegoro, tvOnenews.com - Dampak banjir luapan Sungai Bengawan Solo, sejumlah titik di sepanjang bibir sungai mengalami abrasi. Akibatnya rumah-rumah warga yang terletak di bibir sungai mengalami longsor yang membahayakan. Jika tidak tertangani dengan baik, maka saat banjir datang kembali, bisa hanyut.

Data sementara dari BPBD Kabupaten Bojonegoro, pemukiman warga yang tebingnya longsor di Desa Sranak, Kecamatan Trucuk dan Desa Kuncen Kecamatan Padangan.

Sebagai tindak lanjut untuk menangani hal tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto melakukan inspeksi ke rumah warga yang terancam longsor ke Sungai Bengawan Solo.

Akibatnya, terdapat tiga rumah warga setempat, yang saat ini terancam longsor tersebut. Ketiga rumah tersebut, yakni milik Sahdi, Sunarjo, dan Joko Umbaran. Bahkan, longsor juga telah merambah hingga ke dapur rumah milik Joko Umbaran.

Adriyanto mengungkapkan, pihaknya akan memastikan kondisi kenyamanan, dan keselamatan warga yang tinggal di bantaran  Sungai Bengawan Solo. Pasalnya, hal tersebut memiliki risiko yang tinggi di musim penghujan.

“Saat ini pemkab sedang memikirkan solusinya agar terhindar dari risiko yang membahayakan bila terjadi longsor,” ungkap Pj Bupati Bojonegoro, Jumat (15/3/2024).

Selanjutnya, pihaknya mengimbau, agar ketiga keluarga tersebut segera direlokasi ke tempat yang aman. Pemerintah Desa Sranak juga telah menyiapkan lahan untuk relokasi ketiga keluarga tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral