Kella Celok.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Cicipi Kella Celok, Masakan Cita Rasa Pesisir Khas Bawean Cocok untuk Menu Berbuka

Minggu, 17 Maret 2024 - 12:09 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Anda pecinta kuliner dan ingin mencicipi masakan buka puasa yang gurih dan menggoda selara dengan cita rasa pesisir, anda bisa mencoba masakan yang satu ini, yakni Kella Celok khas pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Sebagaimana diketahui jika masyarakat yang tempat tinggalnya dikelilingi lautan, tentu mempunyai makanan khas yang menjadi andalan, seperti halnya masyarakat Pulau Bawean mempunyai aneka masakan lezat dari hasil laut.

Nah salah satunya masakan khas pulau Putri Bawean itu bernama 'Kella Celok'. Makanan khas warga pesisir pantai ini, dibuat dari jenis ikan laut yang diolah menjadi kello kuning bahasa umumnya. Namun yang beda ada rasa gurih tersendiri dalam masakan ini.

Salah satu warga Bawean, Iftahiyal M mengatakan, untuk membuat masakan Kella Celok khas ini yang disiapkan yaitu rempah-rempah. Seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, asam, serai, laos dan kunyit.

“Semuanya dihaluskan menjadi bumbu, dan dimasukkan ke dalam air yang sebelumnya direbus. Nanti, dimasukkan ikannya,” terangnya.

Biasanya masakan super gurih dan bikin nagih ini, biasanya dibuat untuk hidangan para tamu atau keluarga Bawean yang balik kampung usai merantau ke luar negeri. Namun juga sangat cocok untuk hidangan berbuka puasa bersama keluarga.

“Ikan jenis apa saja, bisa dibuat hidangan Kella Celok. Namun yang paling enak itu ikan kerapu, merah-merah, dan ikan lainnya. Termasuk tongkol juga lezat,” paparnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:29
03:20
01:09
02:07
03:49
01:14
Viral